Rabu, 15 Juni 2011

'Slumdog' di antara Bintang-Bintang Nominasi

Copyright © 2003 Lampung Post. All rights reserved.
Minggu, 22 Februari 2009

'Slumdog' di antara Bintang-Bintang Nominasi

TAHUN ini, panitia memilih Slumdog Millionaire, The Reader, Changeling, The Dark Knight, dan The Curious Case of Benjamin Button sebagai nominasi Academy Award untuk kategori Film Terbaik. Bintang utama tiga film nominasi itu--The Reader, Changeling, dan The Curious--juga masuk nominasi Aktor dan Aktris Terbaik.

The Reader dan Changeling mengantar Kate Winslet dan Angelina Jolie dalam jajaran aktris terbaik bersama Anne Hathaway (Rachel Getting Married), Melissa Leo (Frozen River), dan Meryl Streep (Doubt). Permainan Brad Pitt dalam The Curious membuat aktor kelahiran Desember 1963 itu masuk nominasi Aktor Terbaik bersama Richard Jenkins (The Visitor), Frank Langella (Frost/Nixon), Sean Penn (Milk), dan Mickey Rourke (The Wrestler).

Kate Winslet berperan sebagai Hanna dalam The Reader--pemeran lain Ralph Fiennes, David Kross, Alexandra Maria Lara, dan Lena Olin. Film hasil sutradara Stephen Daldry ini adalah adaptasi novel karya Bernhard Schlink dengan judul yang sama. Beberapa kota di Jerman menjadi latar untuk membuat suasana pascaperang terlihat lebih realistis. Memang, The Reader bercerita tentang kasus-kasus penjahat perang Nazi, yang berbaur dengan pertemuan cinta Michael (David Kross) dan Hanna di tengah kasus tersebut.

Angelina Jolie dalam Changeling berperan sebagai Christine Collins, seorang ibu yang tiba-tiba kehilangan putranya. Jolie main bareng John Malkovich, Amy Ryan, Geoff Pierson, Jeffrey Donovan, Jason Butler Harner, Colm Feore, dan Michael Kelly dalam film arahan sutradara Clint Eastwood ini.

Film ini dibuat berdasar pada kisah nyata yang terjadi di Los Angeles sekitar tahun 20-an. Universal Picture mengedarkan film bergenre thriller ini akhir Oktober lalu.

Selain The Reader dan Cangeling, Slumdog Millionaire juga bersaing keras dengan The Curious Case of Benjamin Button yang meraih 13 nominasi tahun ini. Film besutan sutradara David Fincher yang dibintangi Brad Pitt dan Cate Blanchett ini berkisah tentang proses penuaan yang menjadi masalah.

Benjamin Button (Brad Pitt) lahir tahun 1860; kelahiran yang tergolong kasus sangat aneh. Beberapa jam setelah lahir, Benjamin berubah menjadi pria berusia tujuh puluh tahun. Kejadian aneh ini berusaha ditutupi orang tua Benjamin yang merasa malu dengan kejadian aneh ini.

Yang lebih aneh lagi, Benjamin mengalami pembalikan proses penuaan; dari tujuh puluh tahun perlahan Benjamin tumbuh menjadi lebih muda. Proses pembalikan usia ini ternyata malah membuat kehidupan Benjamin menjadi lebih rumit. Keadaan jadi makin sulit setelah Benjamin menikah dan memiliki putra. Bukannya tumbuh menjadi makin tua, Benjamin malah makin muda dan akhirnya kembali menjadi anak-anak.

Film yang diadaptasi dari cerita pendek karya F. Scott Fitzgerald ini menuntut Brad Pitt bermain dalam berbagai karakter. Tampaknya, permainan karakter multifacet ini yang mengantar panitia Oscar memilih Brad Pitt sebagai salah satu nomine Oscar untuk kategori Aktor Terbaik. n MAT/DARI BERBAGAI SUMBER/P-1